Press "Enter" to skip to content


Kalahkan Gael Monfils Dengan Susah Payah, Federer Lolos Semifinal AS Terbuka


Kalahkan Gael Monfils Dengan Susah Payah, Federer Lolos Semifinal AS TerbukaRoger Federer sempat tertinggal dua set kendatipun akhirnya bisa mengatasi Gael Monfils untuk menembus babak semifinal AS Terbuka 2014.

Dalam pertandingan Jumat (5/9/2014) WIB, Federer yang unggulan kedua perlu memeras keringat ekstra sebelum memenangi pertandingan dengan 4-6, 3-6, 6-4, 7-5, dan 6-2 atas Monfils yang merupakan unggulan 20.

Di set pertama, Monfils mulai menggebrak di game kelima setelah sebuah kesalahan dari Federer memastikan Monfils mencatatkan break pertama dalam pertandingan ini. Break itu menjadi pembeda buat Monfils yang akhirnya memastikan kemenangan di set pertama usai memaksimalkan game servisnya di game sepuluh.


BACA JUGA:  Marquez Dijagokan Kembali Jadi Juara Dunia

Masih membara usai set pertama, Monfils langsung beraksi di game awal set kedua. Dengan pengembalian bola keras nan jitu, ia langsung mematahkan game servis Federer. Satu break lain dilakukan Monfils di game sembilan untuk merebut set kedua bermodal pukulan kerasnya plus kesalahan-kesalahan Federer.

Set ketiga lantas menjadi titik awal kebangkitan Federer. Kedua petenis saling tekan di mana game keempat dan kelima memperlihatkan Monfils dan Federer saling mematahkan servis game lawannya.

Akan tetapi selepas break yang dibuatnya di game kelima Federer relatif pegang kendali sampai akhirnya memastikan kemenangan pada set ketiga ini lewat permainan servis apik di game sepuluh.

BACA JUGA:  Jelang Lawan Ukraina, Inggris Krisis Penyerang

Di game tiga set keempat Federer berhasil mematahkan game servis Monfils untuk memimpin 2-1. Monfils yang tak mau kalah begitu saja pun kemudian balas melakukan break di game berikutnya sekaligus memberi perlawanan lebih sengit. Namun, di game 11 dia melakukan dua double fault dan memberi peluang buat Federer untuk melakukan break lain dan unggul 6-5. Di game berikutnya Federer pun memastikan diri memenangi set keempat.

Pada set penentu momentum sudah berada di sisi Federer yang langsung mematahkan servis game Monfils di game pertama (1-0) lalu game kelima (4-1). Di game delapan Federer pun akhirnya memastikan tiket ke semifinal kendatipun sempat di ujung tanduk. Reuters menyebut ini merupakan kesembilan kalinya dalam karier Federer ia berhasil menang walaupun sempat tertinggal dua set terlebih dulu.

BACA JUGA:  AS Roma Permanenkan Borini

Di babak empat besar Federer, peraih lima titel AS Terbuka (2004 sampai 2008) kendatipun tahun lalu sudah kandas di babak keempat, akan berhadapan dengan unggulan 14 Marin Cilic yang mengalahkan unggulan enam Tomas Berdych dengan 6-2, 6-4, dan 7-6(4).